Monday 8 October 2012

"Merancang Wireless Extension Point"



Adakalanya kita sering harus online dan bekerja di sudut-sudut ruangan atau taman, biasanya hal ini dilakukan pada saat istirahat atau kita jenuh akan suasana kerja. Namun sering kita kecewa sinyal dari hotspot akses point tidak begitu kuat jadi sering jengkel padahal posisi sudah posisi enak, buat surfing. Begitu juga di kantor-kantor atau rumah yang bersekat atau banyak dinding. Atau memmiliki beberapa lantai.


Untuk itu di perlukan sebuah penguat sinyal wireless AP (Access Point). Sebuah repeater berfungsi merelay dan memperkuat penyebaran sinyal yang mentransferkan data data dari AP ke computer client, sehingga bisa memperluas jaringan wireless. Sebuah repeater tidak memerlukan kabel utp yang terhubung dengan jaringan lan kabel. Repeater dapat berupa alat wireless khusus yang berfungsi sebagai repeater atau sebuah Access Point yang memiliki fitur mode repeater.

Untuk membangun sebuah repeater menggunakan TL-WA601G cukup mudah.
  • 2 Access Point Linksys
  • 1 kabel straight dan 1 kabel cross
  • 2 PC/laptop dengan fasilitas Wifi Card
Langkah selanjutnya setting AP lakukan seperti pada gambar

Masuk web browser masukkan alamat 192.168.1.1 dengan User Name : admin Password: admin



Pilih Automatic Configuration - DHCP lalu nama router nya bisa diisi sesuka hati. Pada local IP address beri alamat 192.168.1.1 dan Subnet mask nya 255.255.255.0 Local ip ini berfungsi sebagai gateway untuk wireless repater dan client-client nya. Kemudian pada DHCP server klik Enable lalu pilihlah IP yang hendak di dijadikan IP client.


pada kolom Wireless Network Mode pilih Mixed  beri nama access point nya yaitu TK-2C AP3 anda bisa memberi nama sesuka hati anda.. lalu set channel nya sesuai dengan wireless repeater nanti yaitu  11-2.462 GHZ klik save 

Kemudian setting Ap yang kedua dengan mode repeater


Ubahlah dahulu IP access point yg ini dari default nya 192.168.1.1 menjadi 192.168.1.253.. setelah itu pada subnet mask ketik255.255.255.0 sesuai dengan subnet mask access point sebelum nya lalu gateway nya isikan dengan 192.168.1.1 yaitu IP access point sebelum nya.. Pada kotak Wireless centang Enable Wireless  lalu wireless mode nya pilih  Wireless Ethernet Bridge channel nya biarkanMixed SSID nya disamakan dengan access point sebelumnya yaitu TK-2C AP3  lalu channel nya samakan juga dengan access point sebelumnya yaitu channel 11 - 2.462 GHz lalu klik save.


Cek pada PC Client




Selamat Mencoba
"Share Your Knowledge"

No comments:

Post a Comment